INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Cara Tarik Akseptor Asuh Dari Mi Dan Mts Ke Dalam Dapodik

Salam Satu Data, Salam OPS
Berbicara persoalan Dapodik maka pekerjaan dalam menginput data-data sekolah merupakan kiprah utama yang harus di kerjakan oleh seorang operator dapodik sekolah. Seorang operator dapodik sekolah harus mempunyai waktu dan kesempatan yang baik untuk sanggup membaca buku panduan dalam mengerjakan aplikasi dapodik sehingga apa yang akan di kerjakan sanggup dilakukan dengan benar.

Apabila memasuki tahun pelajaran gres menyerupai kini ini, maka pekerjaan seorang operator dapodik mulai banyak yang mana salah satu pekerjaan yang paling terbesar yaitu melaksanakan penarikan data akseptor didik.
Seperti yang kita ketahui bersama bahwa ketika ini untuk melaksanakan penambahan akseptor didik gres sudah tidak lagi sanggup dilakukan secara manual melalui aplikasi dapodik melainkan hanya sanggup dilakukan secara online yaitu di lakukan dengan cara melaksanakan penarikan data akseptor didik baru. Begitu juga halnya dengan penambahan akseptor didik pindahan juga harus dilakukan secara online dengan cara melaksanakan penarikan data dari sekolah asal menuju kesekolah yang di tuju.

Sistem penarikan data akseptor didik gres di bagi menjadi 2 kategori yaitu penarikan data akseptor didik gres yang berasal dari sekolah yang memakai aplikasi dapodik dan penarikan data akseptor didik gres yang berasal dari sekolah yang tidak memakai aplikasi dapodik atau biasa di sebut dengan akseptor didik yang berasal dari luar dapodik.

Peserta didik gres yang berasal dari sekolah yang tidak memakai aplikasi dapodik biasnya yaitu akseptor didik yang berasal dari sekolah Madrasah Ibtidaiyah Syiar (MIS) dan dari Madrasah Ysanawiyah (MTS).
Rata-rata akseptor didik gres yang berasal dari sekolah tersebut hanya sanggup dimasukkan kedalam aplikasi dapodik dengan cara menarik data mereka dengan cara penarikan data akseptor didik gres dari luar dapodik.

Perbedaan antara penarikan data akseptor didik gres yang ketika di tarik sekolah asalnya memakai aplikasi dapodik dan tidak memakai aplikasi dapodik yaitu akseptor didik yang ditarik dari sekolah asal yang memakai dapodik sanggup pribadi masuk data nya kedalam aplikasi dapodik ketika operator sekolah telah melaksanakan penarikan data secara online sedangkan jikalau melaksanakan penarikan data akseptor didik gres yang berasal dari luar dapodik maka meskipun datanya telah di tarik namun tidak secara otomatis datanya pribadi masuk kedalam aplikasi dapodik, melainkan harus terlebih dahulu melalui persetujuan dari pihak operator dinas.

Pada postingan saya sebelumnya saya telah menawarkan tutorial mengenai cara untuk melaksanakan penarikan data akseptor didik gres dan pindahan yang sekolah asalnya memakai aplikasi dapodik, dan pada kesempatan kali ini kembali lagi saya akan membagikan pengetahuan ihwal cara melaksanakan penarikan data akseptor didik gres yang berasal dari sekolah MI (Madrasah Ibtidaiyah) dan MTS (Madrasah Tsanawiyah) yang merupakan siswa dari luar dapodik.

Baiklah berikut ini cara melaksanakan penarikan data akseptor didik gres yang berasal dari luar dapodik ( siswa MI dan Mts) yang akan saya sajikan penjelasannya lengkap dengan gambar, semoga gampang untuk di pahami.
  • Selanjutnya silahkan anda login ke dalam sajian administrasi dapodik sekolah dengan cara klik "login" dan pilih “manajemen sekolah” menyerupai pada gambar di bawah
  • Selanjutnya masukkan “username” dan “password” pada kolom yang tersedia dengan memakai username dan password dapodik anda kemudian silahkan lanjutkan dengan mengklik goresan pena “kelola data sekolah”.
  • Kemudian klik goresan pena “ kelola data pokok”
  • Kemudian akan muncul tampilan menyerupai pada gambar di bawah ini dan klik sajian “ akseptor didik” untuk melaksanakan proses penarikan data akseptor didik baru
  • Setelah itu klik goresan pena “tambah akseptor didik” menyerupai pada gambar di bawah
  • Selanjutnya pada kolom sumber data silahkan anda pilih sajian "Tambah PD di Luar Dapodik"
  • Kemudian untuk melaksanakan proses tarik akseptor didik gres yang berasal dari sekolah MI atau MTS maka isilah kolom-kolom yang telah di sediakan dan diisi sesuai dengan data akseptor didik gres yang akan di tarik datanya yang mencakup :
  1. Nama Lengkap
  2. Jenis Kelamin  
  3. NIK
  4. NISN 
  5. Tempat Lahir
  6. Tanggal Lahir
  7. Nama Ibu Kandung
  8. Agama
  9. Kewarganegaraan
  10. Alamat
  11. Desa/Kelurahan
  12. Propinsi
  13. Kab/Kota
  14. Kecamatan
  15. Rombel Tujuan
Dan apabila semua data tersebut telah diisi maka langkah terakhir yaitu klik "Simpan"
Setelah data berhasil tersimpan maka data yang telah di tarik tersebut akan masuk ke dalam aplikasi operator dinas Kabupaten/Propinsi dan apabila telah di setujui(Approve) oleh operator dinas maka selanjutnya data akan secara otomatis masuk kedalam aplikasi dapodik sekolah.

Apabila anda masih membutuhkan info lainnya seputar dapodik, maka silahkan anda kunjungi blog kherysuryawan.id alasannya di dalam blog tersebut saya telah banyak membagikannya kepada publik mengenai info dan tutorial seputar dapodik.

INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel